Pages

5 Ormas Islam Paling Populer dan Berpengaruh di Indonesia

Tahukah anda bahwa di Indonesia terdapat 65.577 Ormas? Bukan jumlah yang sedikit pastinya. Namun demikian tidak semua dikenal oleh masyarakat, bahkan sebenarnya hanya sedikit yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Berikut Lima Ormas paling populer dan berpengaruh di Indonesia.

1. Nahdhatul Ulama (NU)
Bila menulis tentang NU, maka tidak bisa dilepaskan dari pesantren yang menjadi basis-basis dari ormas yang berdiri pada tahun1926 ini. Jumlah pesantren yang dimiliki NU sebanyak 3.745, dan beberapa di antaranya merupakan pesantren-pesantren besar yang menelurkan kyai di seluruh Indonesia. Ciri dari ormas yang satu ini adalah fanatisme yang kuat. Sayangnya di perguruan tinggi, NU masih kalah dibandingkan dengan Muhammadiyah, namun secara masa, NU sangatlah banyak sehingga di dunia politik dengan corong PKB masih memiliki masa dengan loyalitas tinggi, boleh dikatakan NU merupakan Ormas yang paling populer di Indonesia, terlebih di pedesaan, NU sudah menjadi sebuah golongan yang sangat ekslusif.

2. Muhammadiyah

Ormas yang satu ini salah satu di antara yang paling tua di Indonesia, 1912. Eksistensi di Indonesia sangat terasa dalam segala bidang. Ia dahulunya tidak mementingkan sisi kuantitas, lebih mementingkan sisi pengembangan dalam pendidikan, sosial, dan amal usaha, juga politik dengan mendirikan partai Amanat Nasional (PAN). Akhirnya sekarang sudah memiliki 10.425 pesantren, sekolah, dan perguruan tinggi, bahkan dalam catatan kami beberapa perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia berasal dari Ormas ini. Dalam bidang kesehatan muhammadiyah sudah memiliki 457 rumah bersalin, rumah sakit, dll, belum lagi masjid dan mushola yang mencapai 11.198. boleh dikatakan ormas ini meskipun secara jumlah tidak sebesar NU, namun pengaruhnya cukup besar.

3. Front Pembela Islam
Yang satu ini adalah Ormas paling muda di Indonesia, masih seumur jagung dibandingkan yang lainnya, 1998. Namun demikian FPI memiliki daya tarik tersendiri hingga selalu terangkat ke media di setiap kegiatannya. Ormas yang didirikan oleh Habib Rizik ini memiliki Slogan amar ma’ruf nahi munkar. Ada diskotik, SWEEPING. Ada kegiatan berbau sekular liberal, SWEEPING. Sehingga media gencar meliput. Sayangnya akhir-akhir ini FPI sering digambarkan buruk oleh media.

4. Hidayatullah 
Bagi Yusuf Kalla, Hidayatullah merupakan Ormas Islam terbesar ke 3 setelah NU dan Muhammadiyah. Ormas yang berdiri pada tahun 1973 oleh Abdullah Sa’id. Jaringan Hidayatullah sangat elegan dan kuat, terdiri dari 250 pondok pesantren cabang yang hampir ada di seluruh propinsi di Indonesia, memiliki media Islam Suara Hidayatullah dengan oplah cetak hampir 40.000 setiap bulan. Dai, dai banyak berasal dari Hidayatullah dengan semangat yang tinggi. Oleh sebab itu meski di telinga masyarakat umum tidak begitu terdengar, tapi Ormas yang satu ini merupakan salah satu yang besar dan kuat.

5. Persatuan Islam
Persis didirikan pada 1923 di Bandung oleh H. Muhammad Yunus dan H. Zamzam. Dua-duanya dari sumatra. Ormas yang satu ini boleh dikatakan lebih fokus kepada gerakan intelektual. Oleh sebab itu ada yang mengatakan bahwa jumlahnya tidak banyak namun berkualitas karena berisi intelektual-intelektual muslim. Buktinya pada 1927 persis sudah mendirikan Lembaga pendidikan untuk anak-anak yang sebenarnya sebuah pronyek Pendididikan Islam yang dipimpin oleh Mohammad Natsir. Saat ini PERSIS memiliki 450an lebih pesantren di beragam tingkatan.

3 komentar

Alwin Iswanto Lase 26 April 2016 at 02:30

Kita harap semakin banyak ormas maka Indonesia semakin lebih baik.
menang BERSAMA
Hidup Adalah Perjuangan

Qomar Oedien 2 February 2017 at 00:12

Allahu Akbar

piki ifsu 14 August 2017 at 21:21

Takbir takbir takbir.. Jaga terus ukhuwah

Post a Comment