Pages

5 mitos salah tentang jerawat

Berikut beberapa mitos yang salah berkaitan dengan jerawat yang patut untuk diketahui, khususnya bagi kawula muda,


1. Jerawat Muncul Karena Muka Kotor
Mitos ini tidak benar. Faktor utama yang menjadikan munculnya jerawat adalah penyumbatan pori-pori yang kemudian meradang. Oleh sebab itu ketika tersumbat maka akan menonjol. Bahkan terlalu sering membersihkan muka dengan sabun pencuci juga akan memperparah kondisi kulit. Yang benar adalah cuci muka seperlunya dengan menggunakan sabun yang memiliki formula lembut di kulit. Seperti sabun bayi, makanya jangan heran banyak yang memakai sabun bayi untuk cuci muka.

2. Makanan Berlemak Menjadi Salah Satu Penyebab Jerawat

Mitos ini juga salah. Ahli dermatologi telah menyanggah bahwa cokelat, kacang, kentang goreng, susu dan bahan makanan berlemak lainnya. Mereka justru mengatakan, hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah dan otentik mengenai makanan berlemak dan kemunculan jerawat.

3. Aktivitas Seksual Pincu Munculnya Jerawat

Mitos ini juga salah. Sampai saat ini belum ditemukan keterkaitan aktivitas seksual dengan produksi kelenjak minyak pada kulit.

4. Jerawat Akan Sembuh Bila Dipencet

Ini paling berbahaya, padahal yang satu ini juga salah. Soalnya, memencet jerawat justru akan membuat luka jerawat terbuka sehingga akan mudah dimasuki bakteri hingga menyebabkan infeksi. Hal ini justru akan memperparah jerawat dan kondisi kulit penderita

5. Jerawat Hanya Dialami Remaja Saja

Ini juga salah. Jangan katakan kalau sudah tua sembuh. Faktanya jerawat justru bisa dialami oleh seseorang dengan usia 30 hingga 40 tahun. Beberapa malah memiliki masalah jerawat sepanjang hidupnya.

Sumber fakultaskedokteran.com

0 komentar

Post a Comment